Saturday, December 18, 2010

Jangan Bersedih Atas Cercaan dan Hinaan Orang!

Jangan Bersedih Atas Cercaan dan Hinaan Orang!

سُوۡرَةُ آل عِمرَان

لَن يَضُرُّوڪُمۡ إِلَّآ أَذً۬ى‌ۖ وَإِن يُقَـٰتِلُوكُمۡ يُوَلُّوكُمُ ٱلۡأَدۡبَارَ ثُمَّ لَا يُنصَرُونَ (١١١)

111. mereka (kaum Yahudi dan Nasrani) tidak sekali-kali akan membahayakan kamu, kecuali menyakiti (perasaan kamu Dengan ejekan dan tuduhan Yang tidak berasas). dan jika mereka memerangi kamu, mereka akan berpaling lari membelakangkan kamu (kalah Dengan sehina-hinanya); sesudah itu mereka tidak akan mencapai kemenangan.

(QS. Ali 'Imran: 111)



وَٱصۡبِرۡ وَمَا صَبۡرُكَ إِلَّا بِٱللَّهِ‌ۚ وَلَا تَحۡزَنۡ عَلَيۡهِمۡ وَلَا تَكُ فِى ضَيۡقٍ۬ مِّمَّا يَمۡڪُرُونَ (١٢٧)

127. dan Bersabarlah (Wahai Muhammad terhadap perbuatan dan telatah golongan Yang ingkar itu); dan tiadalah berhasil kesabaranmu melainkan Dengan (memohon pertolongan) Allah; dan janganlah Engkau berdukacita terhadap kedegilan mereka, dan janganlah Engkau bersempit dada disebabkan tipu daya Yang mereka lakukan.

(QS. An-Nahl: 127)

سُوۡرَةُ الاٴحزَاب

وَلَا تُطِعِ ٱلۡكَـٰفِرِينَ وَٱلۡمُنَـٰفِقِينَ وَدَعۡ أَذَٮٰهُمۡ وَتَوَڪَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَڪِيلاً۬ (٤٨)

48. dan janganlah Engkau menurut kehendak orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan janganlah Engkau hiraukan usikan dan celaan mereka, serta berserahlah kepada Allah (memelihara keadaanmu); dan cukuplah Allah menjadi Pelindung (yang menyelamatkanmu).

(QS. Al-Ahzab: 48)

سُوۡرَةُ الاٴحزَاب



يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ ءَاذَوۡاْ مُوسَىٰ فَبَرَّأَهُ ٱللَّهُ مِمَّا قَالُواْۚ وَكَانَ عِندَ ٱللَّهِ وَجِيہً۬ا (٦٩)

69. Wahai orang-orang Yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang (Yahudi) Yang telah mencaci Nabi Musa, lalu Allah membersihkannya dari Segala cacian Yang mereka katakan; dan adalah Dia seorang Yang mulia di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab: 69)

Sebuah hadits hasan menyebutkan bahwa Rasulullah pernah bersabda,

"Janganlah kalian menyampaikan kejelekan-kejelekan sahabatku kepadaku, sebab

saya ingin keluar menemuimu dalam keadaaan dada yang bersih."

0 comments:

Post a Comment